Sunday, January 8, 2017

KLASIFIKASI TUMBUHAN PAKU



Klasifikasi tumbuhan paku. Tumbuhan paku yang bernama latin Pteridophyta merupakan tumbuhan dengan tingkatan lebih tinggi dari lumut dikarenakan memiliki akar, batang, dan daun. Habitat dari tumbuhan paku ini adalah pada tempat yang lembab, namun tumbuhan paku ini juga bisa hidup di bebatuan, tanah, serta bisa juga menempel pada pohon-pohon.


Tumbuhan paku sendiri mempunyai 20 ribu jenis dan memiriki ciri-ciri yang berbeda antar jenisnya. Ciri-ciri tumbuhan paku adalah organisme multiseluler dan eukariotik serta sudah memiliki akar, daun, dan batang sejati sehingga disebut kormophyta berspora. Struktur akar dari tanaman paku berbetuk serabut dengan kaliptra yang pada ujungnya. Jaringan pada akarnya terdiri dari korteks, epidermis dan silinder pusat.

Strruktur daun pada tumbuhan paku terdiri atas jaringan mesofil, pembuluh akut, dan epidermis. Kemudian struktur batang dari tanaman paku ini sama dengan halnya dengan jaringan akarnya, struktur batang tumbuhan paku juga terdiri dari korteks, epidermis, dan silinder pusat. Silinder pusat pada batang terdapat berkas pembuluh angkut yaitu floem dan xylem. Pembuluh ini berperan dalam proses fotosintesis dan menyebarkan hasil dari fotosintesis ke seluruh bagian pada tumbuhan ini.

Klasifikasi tumbuhan paku dapat diklasifikasikan menjadi 3 kelas  yaitu :

1. Tumbuhan paku kawat atau paku rambat

Paku kawat yang bernama latin lycopsida bukan merupakan lumut atau pinus, tanaman ini diperkirakan sudah ada pada masa Devonian, dan tumbuh melimpah pada masa karboniferus. Tumbuhan ini hidup di dearah tropis, tanah, batu, epifit pada kulit pohon tetapi tidak bersifat parasit
Ciri-ciri dari tanaman paku kawat :
Ujung batang tersusun sporofil
Memiliki akar, batang sejati dan daun
Batang berbentuk seperti kawat
Sporofit yang mengandung klorofil
Menghasilkan satu jenis spora dan dua jenis spora
Batang mengandung sporangium
Daun yang berbentuk seperti sisik atau rambut yang tersusun pada batang


2. Tumbuhan paku purba

Tumbuhan paku purba atau yang bernama latin Psilophyta ini belum miliki daun dan akar, namu dalam batangnya susdah memiliki berkas pengangkut, sporofil mengandung satu jenis spora atau homospora. Tumbuhan paku ini memiliki struktur tumbuh yang sederahana dengan ukuran tinggi sekitar 30 cm sampai 1 meter.
Ciri-ciri dari tumbuhan paku purba :
Memiliki struktur yang sederhana
Akar berupa rizom yang dikelilingi oleh Rizoid
Hidup didearah tropis dan sub tropis
Tinggi tanaman ini 30 cm sampai 1 meter

3. Tumbuhan paku sejati

Tumbuhan paku kelas ini sudah lebih tinggi tingkatannya dari tumbuhan paku sebelumnya. Paku sejati atau pterophyte sudah memiliki batang, akar, dan daun sejati. Daun tumbuhan ini yang berukuran besar maka disebut megafil. Batang tumbuhan paku ini dapat tumbuh keatas maupun ke bawah tanah dan ciri khas tumb uhan paku ini miliki daun mudanya menggulung.
Ciri-ciri tumbuhan paku sejati:
Memiliki batang, akar,dan daun sejati.
Memiliki ukuran batang yang berfariasi
Banyak tumbuh di daerah subtropics dan tropis
Daun yang masih muda akan menggulung
Batang berada dibawah permukaan tanah

No comments:

Post a Comment